3 Alasan Mengapa Anda Wajib Memiliki Lensa Bluecromic

Terobosan baru dalam produk lensa sekarang sudah dikenal lensa bluecromic yang sangat membantu dalam memelihara penglihatan kita. Lensa ini memiliki kemampuan untuk mencegah mata terpapar sinar biru yang berbahaya bagi kesehatan mata. Sinar biru merupakan sinar terlihat yang memiliki panjang gelombang antara 380 – 495 nanometer. Sinar yang berbahaya untuk mata adalah sinar biru violet yang bisa merusak retina mata.

Cara Kerja Lensa Sinar Biru

Lensa yang khusus didesain untuk sinar biru memiliki kemampuan untuk melakukan filter pada sinar tersebut, sehingga sinar tidak dapat menembus ke area mata. Sinar biru bisa dihasilkan oleh berbagai perangkat elektronik dengan layar yang menyala terang. Oleh karenanya, penting untuk kita menggunakan proteksi tambahan dengan menggunakan kacamata yang didesain memakai lensa khusus untuk sinar biru.

Ada beberapa fungsi lensa bluecromic yang bisa didapatkan ketika memakai lensa ini. Ini juga menjadi alasan mengapa Anda harus memakai lensa ini:

  1. Mata tidak akan menjadi cepat lelah karena sinar biru yang berbahaya sudah difilter melalui lapisan bluecromic.
  2. Risiko terhadap degenerasi makula juga bisa diminimalisir saat menggunakan lensa ini.
  3. Lensa ini juga bisa mengurangi kerentanan setelah operasi katarak. Mata akan lebih terasa segar dan tidak tegang saat menggunakan kacamata dengan lensa ini.

Baca Juga: Yuk Cegah Sinar Biru yang Berbahaya dengan Lensa Eyezan

Penggunaan Lensa Sinar Biru

Penggunaan kacamata dengan lensa tipe bluecromic ini akan efektif terutama bagi mereka yang memiliki screen time tinggi. Keunggulan lensa bluecromic ini juga cocok digunakan saat berada di dalam ruangan dengan intensitas yang tinggi. Tentunya sinar biru akan banyak didapatkan dari paparan cahaya benda elektronik yang memiliki layar. Oleh karenanya, penting menggunakan kacamata ini sesuai dengan kebutuhan. Anda juga mungkin bisa melakukan pengaturan pada layar gadget Anda dengan mengaktifkan mode baca yang biasanya akan menurunkan intensitas cahaya berwarna biru dari layar.

Untuk pilihan lensanya sendiri, ada rekomendasi menarik dari Essilor yaitu lensa jenis Eyezen yang memang sudah terbukti nyaman dipakai oleh banyak orang. Lapisan lensanya juga termasuk aman dengan desain yang cukup versatile untuk berbagai macam model frame kekinian. Ini adalah pilihan lensa bluecromic yang bisa Anda pilih untuk menunjang pemeliharaan kesehatan mata sehari-hari.