Jangan Asal Pilih, Inilah Jenis Pemanas Air Kolam Renang yang Perlu Anda Ketahui

Pemanas air kolam renang atau dikenal juga dengan sebutan heater, merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghangatkan air kolam renang. Alat pemanas air kolam renang mempunyai berbagai macam jenis dan beragam ukuran yang dijual dipasaran. Berikut ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai jenis-jenis heater atau pemanas air kolam.

Heater Electric

Jenis pemanas pertama ialah electric heater, berdasarkan namanya pemanas ini menggunakan energi listrik dalam pengoperasiannya. Cara pemakaiannya juga cukup praktis, tinggal menghubungkan mesin ke arus listrik. Mesin akan secara otomatis mengalirkan ke kolam renang sesat setelah air sudah selesai dipanaskan.

AC Water Heater

Berikutnya yakni heater water air conditioning. Prinsip kerja pemanas ini ialah dengan menggunakan freon yang berasal dari AC. Air pada tangki penampungan akan dipanaskan menggunakan freon yang dialirkan. Setelah panas air akan dikeluarkan dari penampungan dalam kondisi sudah hangat.

Water Heater Heat Pump

Jenis mesin pemanas air kolam renang selanjutnya yakni heat pump water heat. Prinsip kerja mesin satu ini hampir sama dengan AC water heater yakni dengan menggunakan freon. Bedanya ialah heat pump water heater dibuat khusus untuk memanaskan air kolam renang.

Gas Heater Water

Heater water gas memanfaatkan gas sebagai sumber energi dalam proses pemanasan air kolam. Gas yang digunakan umumnya berasal dari gas elpiji maupun dari gas alam. Mesin ini akan secara otomatis memanaskan pipa tempat air dialirkan. Sehingga air yang keluar sudah otomatis hangat.

Solar Water Heater

Jenis yang terakhir ada solar water heater. Alat ini menggunakan energi matahari dalam proses memanaskan air. Solar water heater terdiri atas dua sistem yakni sistem pasif untuk skala kolam rumahan dan sistem aktif untuk skala besar seperti sauna, rumah sakit dan hotel.

Itulah beberapa jenis pemanas air kolam renang. Bagi anda yang tertarik menggunakan heater water untuk memanaskan kolam, maka ada baiknya memilih yang sesuai dengan ukuran dan kapasitas kolam renang. Pilihlah pemanas air yang menyediakan berbagai jenis pemanas air sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya pemanas air Indonesia seperti https://pemanasairindonesia.com yang menyediakan segala kebutuhan pemanas air untuk kolam renang Anda.