Tips Membangun Balkon Rumah yang Kokoh dengan Semen Mortar

semen mortar

Balkon adalah serambi atau teras lantai atas biasanya ada pada bangunan bertingkat. Pembuatan balkon ada di bagian sisi belakang dan depan sebuah bangunan. Kehadirannya sangat multifungsi, membangun balkon bisa menggunakan semen mortar. Lalu bagaimana tipsnya? Cek uraian berikut! 

Tips Membuat Balkon Kokoh Dengan Semen Mortar 

Pembuatan balkon yang bagus dan kokoh, tidak bisa lepas dari material yang digunakan. Material utama yang dipakai adalah beton. Penggunaan beton sebagai lantai dasar balkon. Memang ada balkon yang memakai material kayu. 

Menurut praktisi Properti sekaligus Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI). Balkon dari kayu ini sangat berbahaya. Kayu gampang lapuk, usianya tidak lama. Apalagi, jika terpapar langsung secara terus-menerus cuaca baik hujan atau panas. 

Meski sudah menggunakan bahan beton, sayangnya tetap saja akan muncul masalah. Seperti kebocoran karena munculnya retakan, apalagi kalau bangunan semakin dimakan zaman. Makanya, Anda bisa menggunakan mortar untuk mengatasi kebocoran ini.

Anda juga bisa saat pertama kali membangun balkon menggunakan mortar untuk perekat. Apalagi, semen ini dikenal bisa menjadi perekat yang kuat. Tips menggunakan mortar adalah : 

  • Tunggulah dahulu sampai balkon kering. Apalagi, kalau balkon baru saja kehujanan. Setidaknya 2 minggu supaya proses mengaci balkon benar-benar melekat. Jika belum kering, acian tidak akan menempel dengan baik. 
  • Buatlah acian dengan takaran mortar dengan air, campurannya 2 :1  mortar 2 dan air 1 bagian saja. Campurkan secara merata, lebih baik diamkan kurang lebih 5 menit saja. Kemudian segera aplikasi acian tersebut ke balkon. 
  • Lakukan plester dalam kondisi basah. Anda basahi plester sebelum proses pengaplikasian adukan mortar. Berfungsi supaya acian bisa melekat. Basahi bagian luar saja, bagian proses aci dilakukan. Lakukan acian dengan cepat supaya air tidak meresap dalam dinding dan membuat lembab. 
  • Perhatikan ketebalan dari acian, sebaiknya 1 sampai 3 mm saja. Jika, terlalu tebal bisa membuat permukaan kurang halus dan bergelombang. Jika Anda tidak yakin untuk mengaplikasikan acian sendiri, bisa meminta bantuan tukang yang lebih ahli. Anda juga dapat menggunakan produk mortar yang dapat digunakan sebagai plester bangunan

Demikianlah cara membuat balkon menggunakan semen mortar. Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dengan material yang terbaik pula. 

Leave a Reply