aki mobil

Wajib Tahu! Inilah Penyebab Air Aki Mobil Anda Keruh

aki mobil

Selama kita memiliki kendaraan, tentu ada kendala yang bisa saja dihadapi. Baik mobil yang tidak bisa distarter, lampu yang tidak menyala, dan lain sebagainya. Hal ini bisa saja terjadi karena mungkin Anda tidak pernah melakukan pengecekan kondisi aki mobil Anda sendiri. Sehingga hal ini membuat aki menjadi soak atau bahkan tekor. 

Apa Pentingnya Aki dalam Sebuah Kendaraan?

Aki memang salah satu komponen yang begitu penting untuk diketahui sekaligus diperhatikan. Sebab, hal ini akan menyangkut dengan mesin, AC mobil, perangkat audio, lampu, dan lain sebagainya. Untuk itulah Anda sebagai seorang yang memiliki kendaraan terutama mobil diharapkan untuk mampu menjaga kondisi aki agar tidak mudah bermasalah. Akan tetapi, harus Anda pahami bahwa aki pun bisa habis karena umur pemakaiannya. Salah satunya adalah air aki mobil keruh. Hal ini pastinya bukan tanpa alasan. Di mana air aki ini bisa menjadi keruh karena beberapa hal. 

Apa Penyebab Air Aki Mobil Keruh?

Beberapa penyebab mengapa air aki mobil keruh, diantaranya sebagai berikut ini:

Terlalu Lama Berdiam di Garasi

Di masa pandemic yang mengharuskan kita di rumah saja, memang membuat mobil kita akan terparkir dalam waktu yang lama. Hal inilah yang bisa menyebabkan dan berpengaruh buruk pada kondisi aki karena tidak digunakan dalam waktu yang lama. 

Air Aki yang Habis 

Jika mobil Anda memiliki aki basah, maka disarankan untuk rutin dengan mengecek air aki yang ada pada kendaraan Anda. Sebab, aki basah yang habis jika tidak langsung diisi dan dicek, maka bisa merusak kondisi aki. Bahkan air akan menguap dan akan menyebabkan air aki yang semakin berkurang jumlahnya. Penyebab air aki keruh ini juga diakibatkan karena ada banyaknya kotoran yang menumpuk dalam waktu yang lama. Hal ini bisa Anda lihat ketika Anda membuka penutup air aki tersebut. Bukan hanya itu saja, air aki yang keruh juga membuat sel-sel yang ada di dalamnya akan mudah rusak. Jadi, pastikanlah untuk rutin dalam mengecek dan merawat aki kendaraan yang Anda miliki. Bukan hanya untuk memastikan apakah air aki mobil Anda keruh, namun juga mengecek kapasitas air aki yang ada pada kendaraan Anda.