gudang di karawang

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyewa Gudang untuk Bisnis

gudang di karawang

Ketika Anda memiliki bisnis yang mulai berkembang dan memerlukan gudang lebih besar untuk area penyimpanan, pastikan beberapa hal berikut sebelum benar-benar menyewa gudang untuk bisnis.

1.    Lokasi gudang memenuhi standar tertentu

Ketika Anda memutuskan untuk menyewa gudang demi melakukan ekspansi pasar, pastikan lokasi gudang yang Anda survei sudah memenuhi berbagai standar, diantaranya:

  • Lokasi yang dipilih memiliki akses kendaraan yang mudah dijangkau dari jalan raya, baik untuk kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat berukuran besar. Dengan begitu, apabila Anda ingin memasukkan stok barang berukuran banyak, Anda bisa mengatur pengiriman dari dan ke gudang dengan mudah. 
  •  Lokasi gudang aman dari ancaman tindak kejahatan maupun bencana alam, seperti banjir, gempa bumi, atau lainnya.
  • Lokasi gudang memiliki perizinan lengkap dan bisa digunakan untuk operasional sesuai kebutuhan bisnis.
  • Memiliki luas area yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan bisa dilakukan penataan barang yang memadai.

Baca: Mengenal Lebih Dekat 5 Alat Bantu untuk Pergudangan

2.    Harga sewa sesuai budget

Pastikan harga sewa yang disepakati dengan pemilik bangunan gudang sesuai budget yang dialokasikan setiap bulan. Dengan begitu, Anda bisa melakukan ekspansi bisnis dengan tenang. 

3.    Fasilitas gudang memadai

Ketika ingin sewa gudang selama menjalankan bisnis, pastikan apakah fasilitas gudang yang akan disewa memadai, mulai dari ventilasi udara atau keberadaan exhaust fan, keberadaan toilet, pengamanan cctv, maupun fasilitas lainnya.

4.    Bisa atau tidaknya menjadi investasi jangka panjang

Membeli gudang yang kemudian disewakan untuk penyimpanan barang bisa dijadikan investasi jangka panjang oleh pihak pemilik. Namun bagi pihak penyewa, memilih menyewa gudang juga bisa menjadi investasi dalam hal mengurangi pengeluaran di sektor bangunan, terlebih ketika pihak penyewa belum mampu membeli gudang pribadi.

5.    Ada perjanjian jelas dengan pihak pemilik lahan sewa

Ketika Anda memutuskan menyewa gudang untuk bisnis, pastikan ada perjanjian bermaterai yang bisa ditandatangani bersama pemilik gudang. Perjanjian yang ditandatangani perlu memuat apa garansi yang didapat pihak penyewa, kewajiban pihak penyewa, lama waktu sewa, hingga cara pembayaran sewa gudang. 

Klik di sini gudang di Karawang, temukan informasi penyimpanan barang teraman untuk kebutuhan bisnis Anda.