Perumahan Cibubur

5 Tips Membuat Rumah Menjadi Ramah Lingkungan

Perumahan Cibubur

Rumah ramah lingkungan? Kenapa tidak? Saat ini kampanye ramah lingkungan selalu digencarkan oleh aktivis lingkungan hidup. Namun, trend ramah lingkungan kini merambah ke ranah property. Salah satunya adalah membuat rumah-rumah ramah lingkungan, seperti pada Perumahan Cibubur.  Anda juga bisa membuat rumah Anda ramah lingkungan, yuk ikuti tips berikut ini.

1. Ganti cat Anda dengan cat eco friendly

Cat eco friendly terbuat dari bahan-bahan alami yang ramah bagi kesehatan kita. Cat ini diklaim tidak mengandung bahan berbahaya yang dapat merusak sel manusia apabila terus-terusan terhirup. Nah, dengan mengganti cat tembok Anda yang lama dengan cat eco friendly, berarti rumah Anda ramah lingkungan.

2. Tempat sampah khusus

Akan lebih baik jika Anda membuat minimal 2 jenis tempat sampah yang berbeda untuk memilah-milah jenis sampah rumah tangga. Pastikan Anda memisahkan sampah organik dan sampah non-organik. Hal ini selaras dengan konsep rumah ramah lingkungan dan dapat membantu pengolahan sampah di TPA.

3. Peralatan dan furniture berbahan kayu

Kurangi memakai furniture atau alat-alat berbahan plastik atau styrofoam. Misalnya, pilih peralatan makan (sendok, garpu, piring, gelas, dan mangkok)  yang terbuat dari kayu. Begitu juga furniture seperti lemari, sofa, dan rak. Bahan-bahan kayu akan lebih didaur ulang daripada bahan plastik. 

4. Lampu LED

Pakailah lampu LED untuk pencahayaan di rumah Anda karena lampu LED ini lebih hemat energi dibandingkan dengan bohlam. Perlu diketahui, penggunaan bohlam pijar dapat menghasilkan panas dan CO2 yang tentunya berkontribusi dalam membuat polusi udara. Lampu dengan teknologi LED hadir sebagai solusi penerangan rumah tanpa polusi.

Perumahan Cibubur

5. Perbanyak tanaman hijau

Jika rumah Anda luas, Anda mungkin bisa menanam pohon rimbun ukuran sedang di halaman rumah Anda. Namun, apabila rumah Anda tidak memungkinkan untuk ditanami pohon, Anda bisa memperbanyak tanaman-tanaman di dalam pot yang dapat dengan mudah Anda pindahkan. 

Selain memberikan kesan alam yang sejuk, tanaman hijau dapat membuat kualitas udara di sekitar rumah Anda menjadi bersih karena tanaman-tanaman ini membantu untuk meredam polusi. 

Itulah 5 tips yang dapat Anda lakukan untuk rumah ramah lingkungan namun tetap nyaman.Yuk kunjungi https://asanaresidence.com/, temukan rumah ramah lingkungan yang cocok untuk Anda.