Simak Alasan Pentingnya Ruang Terbuka di Dalam Rumah

Hunian Jakarta Barat

Saat melihat rumah deret yang dibangun di berbagai perkotaan di Indonesia sekarang ini, seperti hunian Jakarta Barat. Ada banyak pemilik rumah yang memutuskan untuk menjadikannya rumah tertutup, sehingga ruang tinggal di dalam rumah semakin banyak. Ruang terbuka biasanya disediakan oleh para pengembang di sisi belakang rumah dan bisa ditutup dengan atap. Ada pula rumah yang berlantai atau lebih menjadikannya area tambahan lantai.

Tidak jarang pula, akibat rumah deret yang saling berdempetan, membuat rumah menjadi gelap, pengap, serta kurang nyaman untuk ditempati. Terutama di ruang-ruang yang posisinya ada paling jauh dari bukaan jendela. Memang bisa saja menggunakan exhaust sebagai solusinya. namun, cara tersebut tentu tidak mampu menyelesaikan masalah lainnya, seperti pencahayaan serta fungsi ruang yang seharusnya  bisa digunakan dengan adanya ruang terbuka. 

Saat misalnya Anda membeli rumah deret atau jika melihat sendiri kondisi rumah Anda saat ini, tentu perlu untuk memeriksa kembali adakah ruang terbuka di dalamnya atau tidak? Memang bukan suatu keharusan jika ruang terbuka itu merupakan taman dengan tanah dan tumbuhan yang rimbun, karena bagi sebagian orang tentu akan repot untuk mengurusnya. Paling penting adalah dengan adanya ruang terbuka itu bisa dilalui angin serta sinar matahari. Nah, Anda bisa mencoba menyimak alasan pentingnya ruang terbuka dalam rumah, seperti berikut ini. 

Sirkulasi Udara Menjadi Lebih Baik

Adanya ruang terbuka dalam rumah terutama yakni supaya jendela maupun bukaan yang dipasang ada pada lebih banyak ruang. Adanya bukaan di sisi belakang rumah, menjadikannya terjadi sirkulasi udara yang ada dalam rumah tersebut. Dengan membuka beberapa jendela di hadapan depan serta beberapa yang menghadap belakang sudah pasti ruangan di dalam rumah akan terasa lebih nyaman. Udara dalam rumah tentu menjadi lebih segar dan sejuk. Ditambah lagi jika ada dapur bau masakan pun bisa segera hilang dan tidak menetap di ruangan. 

Pencahayaan Semakin Merata ke Seluru Ruangan

Tidak hanya udara segar, dengan memasang jendela di sisi dalam rumah tentu akan memberikan tambahan cahaya yang menerangi rumah saat pagi hari hingga sore hari. dengan adanya cahaya sekaligus udara segar yang masuk, tentu sangat membantu untuk mengurangi kelembaban udara dalam rumah. Hal ini sangat penting supaya jamur tidak berkembang biak di permukaan perabot kayu serta material berbahan kain di dalam rumah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *