Tips Bagaimana Mengatur Anggaran Bulanan?

Jika Anda ingin mengontrol pengeluaran dan bekerja untuk mencapai tujuan keuangan Anda, Anda memerlukan anggaran.

Anggaran pribadi atau rumah tangga adalah ringkasan yang membandingkan dan melacak pendapatan dan pengeluaran Anda untuk periode tertentu, biasanya satu bulan.1 Meskipun kata “anggaran” sering dikaitkan dengan pengeluaran terbatas, anggaran tidak harus dibatasi untuk menjadi efektif.

Anggaran akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak uang yang ingin Anda hasilkan, kemudian bandingkan dengan pengeluaran yang Anda perlukan — seperti sewa dan asuransi — dan pengeluaran tidak penting Anda, seperti hiburan atau makan di luar. Alih-alih memandang anggaran sebagai negatif, Anda dapat melihatnya sebagai alat untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Bagaimana Membuat Anggaran dalam Enam Langkah Sederhana
Sebelum Anda mulai membuat anggaran, temukan templat bagus yang dapat Anda gunakan untuk mengisi angka pengeluaran dan pendapatan Anda.

  1. Kumpulkan Dokumen Keuangan Anda
    Sebelum Anda mulai, kumpulkan semua laporan keuangan Anda, termasuk:

-Laporan bank
-Akun investasi
-Tagihan listrik terkini
-Tagihan kartu kredit
-Tanda terima dari tiga bulan terakhir
-Laporan cicilan

  1. Hitung Pendapatan Anda
    Berapa penghasilan yang bisa Anda harapkan setiap bulan? Jika pendapatan Anda dalam bentuk gaji biasa di mana pajak secara otomatis dipotong, maka menggunakan jumlah pendapatan bersih (atau pembayaran yang dibawa pulang) tidak masalah. Jika Anda wiraswasta atau memiliki sumber pendapatan luar, seperti tunjangan anak atau Jaminan Sosial, sertakan juga ini. Catat pendapatan total ini sebagai jumlah bulanan.
  1. Buat Daftar Biaya Bulanan
    Tuliskan daftar semua pengeluaran yang Anda harapkan selama sebulan. Daftar ini dapat mencakup:

-Pembayaran cicilan atau sewa
-Biaya makanan
-Keperluan
-Hiburan
-Perawatan Pribadi
-Makan di luar
-Penitipan anak
-Biaya transportasi
Gunakan laporan bank, kuitansi, dan laporan kartu kredit Anda dari tiga bulan terakhir untuk mengidentifikasi semua pengeluaran Anda.

  1. Tentukan Beban Tetap dan Variabel
    Pengeluaran tetap adalah pengeluaran wajib yang Anda bayarkan dengan jumlah yang sama untuk setiap waktu.2 Termasuk barang-barang seperti pembayaran hipotek atau sewa, pembayaran mobil, layanan internet set-fee, pengambilan sampah, dan perawatan anak reguler. Jika Anda membayar pembayaran kartu kredit standar, sertakan jumlah itu dan pengeluaran penting lainnya yang cenderung tetap sama dari bulan ke bulan.

Jika Anda berencana untuk menabung dalam jumlah tetap atau melunasi sejumlah hutang setiap bulannya, sertakan juga tabungan dan pembayaran kembali hutang sebagai biaya tetap.

5. Total Pendapatan dan Beban Bulanan Anda
Jika penghasilan Anda lebih tinggi daripada pengeluaran Anda, Anda memulai dengan baik. Uang tambahan ini berarti Anda dapat menempatkan dana ke area anggaran Anda, seperti tabungan pensiun atau melunasi hutang.

  1. Lakukan Penyesuaian pada Beban
    Jika Anda berada dalam situasi di mana pengeluaran lebih tinggi daripada pendapatan, temukan area dalam biaya variabel yang dapat Anda potong. Cari tempat-tempat yang dapat Anda kurangi pengeluaran Anda — seperti mengurangi makan di luar — atau menghilangkan kategori — seperti membatalkan keanggotaan gym Anda.